apa sih drupal itu

Bookmark and Share
Drupal adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen konten (CMS) yang berkembang menjadi sistem kerangka (Framework) yang bebas dan terbuka yang di distribusikan dibawah lisensi GPL (General Public License). Pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia. Drupal dapat diunduh secara bebas dan dapat digunakan secara bebas juga, sehingga memungkinkan setiap orang baik secara individu maupun komunitas untuk merubah, mempublikasi, mengatur , mengorganisir dan mengembangkan berbagai jenis dari isi/konten pada website.

Drupal bersifat modular dan ekstensibel serta berusaha dibuat dengan kode yang bersih dan memberikan penekanan pada kerja kolaboratif. Drupal didistribusikan dengan fungsionalitas inti dasar, dan fungsionalitas tambahan dapat diperoleh dengan mengaktifkan built-in modul atau dari modul pihak ketiga. Drupal dirancang untuk bisa disesuaikan, Kustomisasi dapat dilakukan dengan menimpa inti atau dengan menambahkan modul, tidak perlu harus dengan memodifikasi kode dalam kode inti. Desain Drupal juga berhasil memisahkan manajemen konten dengan manajemen presentasi.

Membangun website dengan Drupal adalah seperti halnya bersama-sama menggabungkan berbagai blok atau bidang menjadi sebuah bangunan yang kokoh dan aman, namun tetap fleksibel menyesuaikan kondisi dan kebutuhan. Untuk melakukan penyesuaian atau pengembangan, maka* anda tidak perlu membongkar total rumah tersebut secara manual, melainkan dapat langsung melakukannya karena pondasi dan rumah tersebut sudah sedemikian kokoh serta dapat dilepas pasang.

Drupal dapat digunakan untuk membangun sebuah portal internet, sebuah situs web pribadi, blog departemen, atau perusahaan, *situs e-commerce, Direktori sumber daya, *koran online, situs jejaring sosial, *galeri gambar, intranet, dan hampir semua lainnya jenis situs web yang dapat Anda bayangkan.

Sebuah tim keamanan khusus berusaha untuk menjaga dan memastikan Drupal aman dengan menanggapi ancaman dan rutin mengeluarkan update keamanan. Sebuah organisasi nirlaba yang disebut Asosiasi Drupal mendukung dengan meningkatkan infrastruktur situs web drupal.org dan mengorganisir konferensi Drupal dan acara-acara pertemuan komunitas pengembang lainnya. Dan komunitas online pengguna, administrator situs, desainer,dan pengembang web bekerja keras bersama untuk terus meningkatkan kinerja perangkat lunak ini

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar